.

Mempersembahkan Sebuah blog norak dari Celotehan Seorang Pemuda Desa yang aneh dan tidak terkonsep kayak kapal pecah, Syukur-syukur kalau masih bisa awet sampai punya anak-cucu-cicit ...

Selasa, 25 Oktober 2011

First Flower,First Award





Selama tiga hari melakukan hajatannya ( 20-22 Oktober 2011)
Pesta Seni dan Budaya Dayak di yogyakarta pun telah usai
Sekali lagi Taman Budaya menjadi saksi lahirnya acara Pesta Seni dan Budaya Dayak se-Kalimantan IX 2011 , yg mendewasakan kami semua generasi Dayak

Persiapan yg matang yg dilakukan oleh panitia,sehingga semua bagian yg di sajikan dengan penuh rasa di tiap kegiatan :)
*kalau anda datang dan melihat anda pasti merasakannya,bukan begitu..??

dari Pembukaan,Festival dan lomba-lomba dan Penutupan,
Walaupun di kemas secara modern, tapi kita harus melihat unsur tradisional yg terselip dan kembali ke akar budaya,terlihat sekali dari ritual-ritual yg di tampilkan.
*anda bisa melihat saat, seorang yg laki-laki tua menjampi-jampi dgn bahasa dayak.

Kepada semua yg telah berperan sangat aktif hingga kegiatan ini selesai, saya salut pada anda semua..
buat yg juara jga selamat ( harus di pertahankan,lebih kreatif dan apa perlu di tingkatkan lagi)

yg belum dapet nomor, yaa kalian smua tetap terbaik (karena menurut saya, kalian dah menampilkan yg terbaik)
karena Anda semua ialah sekelompok orang yang punya perhatian akan kebudayaan.
Membuktikan bahwa acara seperti ini bukan hanya berupa tontonan kesenian tradisional saja
tapi di kemas sesuai zamannya, agar bisa lebih sampai dengan cita rasa anak muda (generasi baru dayak) sekarang,dan menyemangati yg lain.

-------
Cerita ini di mulai ketika semua rasa di padukan
ketenganggan,persahabatan,asmara
jadi jgn bingung kalau judul sama isi rada-rada ga nyambung
First Flower (rahasia yang tersembunyi di setiap bunga)
First Award (menyimbolkan penghargaan dan keberanian)
baca sampai habis ceritanya tanpa di sulap,sim salabim anda ketagihan dah :P

Tulisan di atas tadi hanya pembukaan. Selanjutnya juga pembukaan tapi lebih buka-buka an
hee, cuman bcanda *garing ya...

emang tulisan ini banyak bcanda nya,
karena saya lupa mengaktifkan sensor serius di otak saya,gara-gara lupa tombol ny di sebelah mana :P

ketika malam penutupan hampir usai, dan saat semua nya
saya perhatikan penonton nya kompak banget deh
dari kompak beli tiket
kompak tepuk tangan, kompak "nyaut/menjawab" kalau di tanya-tanya Mc nya,
malem itu kompak banget.

deg-degan karena mau di bacakan pengumuman para pemenang
lomba-lomba, festival tari..
saya perhatikan toilet hampir penuh,karena banyak yg mengantri
*mungkin,saking deg-deg an pada kompak banget mau pipis.heeee

setelah lama menunggu, sampai kursi yg di duduki jga dah panas
akhirnya pengumuman juga..
saya juga tidak terlalu ingat siapa saja yg mendapat juara,
tapi se ingat saya, juara festival tari dari Forum Sanggau
menurut saya, mereka pantas jadi yg terbaik malam itu
dari Properti, tarian, musik, di racik hingga padu, sedap di pandang mata,sedap di telinga,sedap pula di hati :)
penampilan mereka berbeda, mungkin persiapan latihan mereka jauh lebih matang dari peserta lain.
menggagumkan :)
*tepuk tangan penonton banyak sekali terdengar untuk mereka :)

lepas dari Tari,
kita lanjut ke ingatan saya ke pengumuman lomba yg lain.
yaitu lomba essay
**Lomba Esai dengan tema “Keunikan Budaya Dayak dimata Generasi Muda”. Lomba ini diselenggarakan untuk membangkitkan minat menulis, meneliti serta menggemari kebudayaan, khususnya budaya Dayak di kalangan generasi muda dan mahasiswa.**


dengan essay saya yg berjudul " Bujang Dara Gawai Dayak di era Modernisasi"
malam itu tiba-tiba saja nama saya di panggil "Alberto Deo Prawira" dan dapat nomor tiga ...
info lebih lengkap : pengumuman-15-karya-terbaik-lomba-esai

*dengan gugup,dari bangku dan saya bangkit berdiri menuju ke depan,dan memasang muka cupu
heee :^
harap maklum saja, ini merupakan puasa gelar saya sejak SD..
terakhir kali dapet juara kayak gini ya waktu SD, itupun lomba Melukis..
*waktu masih bocah..
waktu yg cukup lama bukan,pensiun gelar ( kayak pemain bola aja,mw gantung sepatu.dari hoby melukis berubah jadi hoby menulis)
mungkin akibat umur yg sudah Menua jadi semakin berproses,
tapi tetap aja kelakuan saya masih kayak anak-anak :) hee
jujur saja, saya tidak mempunyai basic melukis dan menulis,mungkin karena saya menyukainya saya sedikit bisa sebagai pemula :)
saya suka menulis tapi jarang suka membaca, aneh bukan????
marilah membaca biar tidak beku :)
--
lanjut lagi ke atmosfer menenggankan
*mlm itu saya memakai baju tenun dayak iban (yg ibu kirim dari kampung) dgn balutan Blezer hitam, jins dan sepatu ala Cowobys penunggang Kuda :P
sayang malam itu, saat maju di depan tidak bisa menyampaikan ucapan terima kasih pakai Mix :) ala Award Music/Film di eropa,,.
jadi suara ucapan terima kasih saya tidak bisa di dengungkan

dan lampu sorot yg berwarna orange berdiameter satu meter fokus tajam ke arah saya.(Perlu PeDe tingkat Dewa Saat itu)
mungkin ada ratusan pasang mata yg menatap saya malam itu
membuat saya gugup,dan berdiri sedikit bergetar seperti di gergaji
dalam hati pelan-pelan saya mengungkapkan rasa syukur atas apa yg telah saya raih
Terima Kasih untuk Tuhan Yang Maha Esa,
perempuan dayak yg telah melahirkan saya "Ibu Saya/ Indae deo",

seorang perempuan yg membagikan pengalaman dan informasinya Frisna Virginia (Dara Gawai Dayak tahun 2010 Pontianak)

debut pertama tulisan saya telah di baca seorang sahabat yg membaca dan mengkoreksi Tulisan saya yaitu Bung Marvel
( karna dia Esay saya menjadi lebih terstruktur dan berpola :)
dan seorang Psikolog mbak novi yg memberi saya solusi penampilan dari rambut gondrong yg harus di sisir, dan sempat ganti2 blezer dari warna biru jadi hitam :) terima kasih
plus Ka Tina,Budin,Heri,Anen,Fetro,Herdian,Ivan,Wawan, dan pengaban ulu smua..

Air Kopi-kopi saya yg sudah habis beberapa gelas saat proses penulisan, matur nuhun kopi yg dah masuk ke dalam perut
sehingga air kopi saya di konversikan menjadi air seni :)

dan buat teman-teman yg melihat saya di layar bawah wkt saya maju...
haaa,mereka bingung,kenapa saya bisa maju..
tapi sama saya juga bingung...
terima kasih, sudah bingung :)


Terima Kasih rahasia yang tersembunyi di setiap bunga, untuk perempuan yg memberi saya ucapan Selamat yg pertama LBM


dan matur nuhun thank you buat smua teman-teman samua nya, dari yang di darat,di air,udara, planet-planet lain, nuhun dah poko nya
tarangkiyu sa mina mina keke


*Saya denger Karya-karya terbaik menurut dewan juri (termasuk juara) akan diterbitkan dalam sebuah buku
kalau udah terbit jgn lupa baca ya rencang-rencang sedoyo...

bagi saya kalian semua adalah pemenang,
karena Anda semua ialah sekelompok orang yang punya perhatian akan kebudayaan.
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih banyak,anda telah memberi komentar