.

Mempersembahkan Sebuah blog norak dari Celotehan Seorang Pemuda Desa yang aneh dan tidak terkonsep kayak kapal pecah, Syukur-syukur kalau masih bisa awet sampai punya anak-cucu-cicit ...

Senin, 10 September 2012

Fusion International Education & CUlture EXCHANGE 2012

EDUCATION EXCHANGE & CULTURE 
28 Agustus - 3 September 2012. Lintas Pendidikan dan Budaya antara  Southern Christian College Australian dan SMK Pariwisata Bantul, Yogyakarta Indonesia

Sekilas Akan saya ceritakan impian waktu saya masih kecil. Saya adalah anak dari  pedalaman dan sebagian dari diri saya adalah hutan, mencintai budaya adalah warisan dari leluhur kami,karena saya sadar Indonesia adalah ladang perbedaan. Dunia Begitu luas untuk dijelajahi dan singkat cerita saat Saya masih kecil, "keluar negeri dan bertemu orang-orang  di luar sana (Barat/Bule) adalah impian saya", entah bagaimana  bisa kepikiran seperti itu dan entah mengapa impian dan mimpi-mimpi itu selalu menghantui(jangan takut,ga seram kok) dan yang paling gila impian ku adalah " berada 7 hari di 7 benua" Tuhan kalau Engkau menghendaki Mohon berkat Mu.Walaupun sangat terobsesi tapi saya menyukai impian saya itu. mimpi mimpi yang setinggi tanah sampai saya terus bertumbuh. Hampir saja saya melupakan impian kanak-kanak saya setelah sekian lama bermimpi dan tertidur,Hingga pada akhirnya impian waktu saya masih kanak-kanak inilah yang mengantarkan saya bertemu orang-orang "Luar Biasa", ketika saat itu saya melihat ada tawaran untuk menjadi sukarelawan di acara "EDUCATION EXCHANGE & CULTURE"oleh Fusion International bersama teman-teman yang akan datang dari SCCA (Southern Christian College Australia).
Mungkin waktunya sudah tiba Saya rasa  sudah saatnya saya keluar dari gua dan melakukan perjalanan dan pengembaraan (ibarat perjalanan spritual). Disinilah cerita seirama rasa ceria,merona dan terpesona itu dimulai :) walaupun saya belum ke luar negeri (kepegen sih) tapi Puji Tuhan dan bersyukur nantinya akan bertemu teman-teman yang akan datang dari Australia.

EDUCATION EXCHANGE & CULTURE 28 Agustus - 3 September 2012 Fusion International Education & CUlture EXCHANGE 2012 di Sidamulya, Bantul bersama  Tim Australia dan Indonesia

Satu kata yang saat itu saya ingat adalah " SukaRelawan" kalau ga suka berarti ga rela, kalau ga rela berarti ga suka yang di katakan oleh seorang perempuan sebut saja Lids dan satu kata itu mempunyai makna yang sekarang mendiami hati dan pikiran ku, karena akan saya lakukan sebaik dan semampu yang saya bisa, sangat menyenangkan menjadi sukarelawan dan saya rasa saya menikmati profesi itu.


Hari Pertama 28 Agustus 2012

Fusion dan SCCA Southern Christian College Australia). Kami ingin tahu Mereka seperti Mereka ingin tahu tentang Kami
 
Inilah pertemuan awal kami dengan Tim dari Australia  mereka datang dari benua yang jauh, tim dari Australia ialah 10 orang  pelajar umurnya sekitar 15-17 Tahun dan ada 2 orang guru yang membimbing mereka Pak Scott dan Ibu Sam. Merekalah yang akan menjadi teman kami seminggu kedepan setiap hari akan bertemu saling berbagi tentang rasa tentang budaya dan pola pikir pendidikan yang kami punya.Kami saling berkenalan bergantian mengenalkan diri.Pandangan pertama selalu tersipu malu, tapi kami ingin tahu mereka seperti mereka ingin tahu tentang kami. usai berkenalan kami makan malam bersama di Rumah nya Pak Wahyu, inilah moment pertama yang saya tidak pernah lupakan, di depan saya sudah datang orang-orang bule tapi saya masih mati kutu kaku malu dan amat gugup (Tuhan inikah impian saat saya kecil) piring,nasi dan sepotong ikan lele menjadi saksi kebisuaan saya malam itu. Bingung ingin menyapa mereka padahal ingin mengobrol lebih banyak, maklum saya agak kesulitan dalam berbahasa dan satu hal yang saya kagumi malam itu saya bersyukur saya ada di antara mereka, Tim Australia, Tim Fusion International dan Tuan Rumah yang telah menyediakan makan malam, sungguh awal dan pertemuan yang mendebarkan.

Hari Kedua 29 Agustus 2012

 
Tim dari SCCA (Southern Christian College Australia) bertemu dengan teman-teman di SMK Pariwisata, berkenalan dan membatik. saya rasa inilah yang seharusnya  dilakukan oleh negeri ini sedikit peka dan peduli, membuka wawasan putera-puteri ibu pertiwi.

Pertemuan Pertama antara SCC Australia dan SMK Pariwisata


Belajar Membatik
Menikmati seni Batik dengan mencobanya
 Teman-teman SMK Pariwisata mengajari teman-teman SCC Australia membatik, dari pembuatan pola sampai batik itu jadi. SCC Australia tampak sangat menikmati membuat batik, saya rasa mereka menyukai batik.
Ramah tamah dengan pemuda GKJ Sidomulyo

 Malamnya SCC Australia bertemu teman-teman dari GKJ Sidomulyo, kami melewati malam itu dengan menikmati jagung bakar di bawah bulan yang terang.


Hari Ketiga 30 Agustus 2012 dan Hari Ke empat 31 Agustus 2012

Ada Senyum,ada yang lari kesana kemari, ada keringat, dari anak-anak,remaja, hingga orang tuanya ada yang nonton ada juga yang ikut serta. Kami bermain di mini festival, dan berolahraga (Cricket,Sepak Bola Australia,Gobak Sodor,Enggrang,Futsal), kami terhanyut yang jauh semakin mendekat yang dekat semakin merapat, semua yang ikut serta ceria terlihat dari senyum mereka meski panas matahari yang menyengat membakar kulit dan semangat kami tetap awet.
Malam nya kami bertemu dengan Karang taruna "The Land"  mereka sangat welcome saat kami dan teman-teman SCC Australia datang, inilah keaslian budaya Indonesia Orang nya selalu tersenyum dan ramah-ramah. Kami duduk melingkar dengan hidangan yang telah siap di hadapan kami berbincang bincang bersenda gurau malam yang terasa dingin lagi lagi menghangatkan suasana. Saya rasa The Land adalah Karang taruna yang paling kompak dan paling aktif yang pernah saya lihat, kebiasaan berbagi, tolong menolong dan rasa kekeluargaan tertanam di kehidupan mereka. HEBAT ....



 






Hari Kelima 1 September 2012
Tim Fusion, Teman-teman dan Guru SMK PARIWISATA Bantul dan SCC Australia
Tarian Dayak dari Kalimantan (kiri), Tarian dari Australia (kanan)
Matahari bersinar lagi, Pagi ini agendanya Foto bersama teman-teman SCC Australia dengan teman-teman dari SMK Bantul perpisahan di sekolahan dengan foto bisa mengabadikan setiap moment yang sedang terjadi saat itu dan akan menjadi kenangan untuk dilihat kembali.Malam Festival kebudayaan, saya dan mas daniel mewakilkan fusion menampilkan tarian Dayak yang berasal dari Kalimantan, itulah debut pertama saya menari tapi saya ingin melakukannya mungkin itu sebagian tugas kami untuk memperkenalkan budaya indonesia di mata mereka yang malam itu yang menyaksikan tarian yang kami bawakan. Akan saya jelaskan isi dari tari tersebut, tarian itu berisi Pengembara yang melakukan perjalanan nya dalam proses perjalanannya ia menemukan banyak hal yang ingin menghentikan langkah-langkah ksatria nya, tapi ia bisa menghalau rintangan di depannya, dan ia terkadang harus introsepeksi diri atas apa yang telah ia lakukan baik maupun buruk. silahkan lihat VIDEO nya disini.

Teman-teman dari SCC Australia juga menampilkan tarian dari budaya mereka, terlihat modern tapi begitu hangat dan menyenangkan, mereka melakukannya dengan baik memutar badan,bergerak kedepan dan kebelakang, senyumam khas mereka selalu ada di setiap  gerakan membuat kami yang menonton juga ingin ikut bergerak-gerak menari di bangku penonton. Setelah acara itu usai, 
 kami seperti tidak ingin usai tampak bahagia dan dan haru
.

Hari Ke Enam 2 September 2012
 

Pagi hari teman-teman dari SCC Australia dan  SMK Pariwisata berepeda dan mengunjungi tempat  kerajinan gerabah, dan saya juga sempat mampir ikut ke sana karena setiap detik saya tidak mau kehilangan moment dengan mereka.saya juga melakukan panjat pinang yang di ujung nya akan ada hadiah-hadiah,tapi pohon pinang nya licin dan sulit untuk di panjat perlu perjuangan untuk bisa sampai ke puncak.
Saya tidak bisa sampai ke puncak, hanya pandangan lurus ku yang sampai ke puncak. Mungkin inilah yang saya lihat apa yang dilakukan kakek waktu masih muda, kakek memanjat pohon sampai ke puncak karena di atas sana(pohon) kita bisa melihat sesuatu yang ada di balik bukit,lembah, dan kehidupan dan pola pikir yang berbeda,mungkin dengan cara itu kakek ingin menyampaikan pesan "Banyak Pelajaran yang ada di luar sana dan kita bisa belajar"











Hari ke Tujuh 3 September 2012


Saya harap kami semua bisa kembali bertemu, dan saya akan merindukan mereka semua teman teman SCC Australia.

Keliling Yogyakarta bersama sama teman teman SCC Australia, mengunjungi Keraton, Taman Sari, Malioboro Mall, Mirota Batik, Karoke, Makan Malam. Dan malam itu saya masih di sisi mereka terus memperhatikan dan menemani mereka. Hari yang Panjang dan menyenangkan. "Kenapa Harus ada Matahari yang tenggelam di hari yang SEMPURNA"

Kenapa harus ada "Hari Terakhir" 4 September 2012
Akhirnya hari terakhir pun datang, Saya harus melihat mereka di AirPort Adisucipto Yogyakarta untuk melanjutkan perjalanan ke Bali


 datang dengan sopan seperti orang yang lagi mengetuk pintu,inilah alasan kenapa Tuhan menciptakan waktu Searah karena tiap inchi waktu tidak bisa di ganti hingga rasa sudah tumbuh berkembang dan bersemi.Sebenarnya saya tidak kuat kalau harus ingat saat itu karena mereka karena begitu melekat di hati sangat dan amat erat. Pertemuan Terakhir yang mengharukan, saya harap kami semua bisa kembali bertemu, dan saya akan merindukan mereka semua teman teman SCC Australia.


Banyak Kenangan selama seminggu penuh arti dan makna semuanya amat sangat berharga, Tentang Kami dan Mereka

Terima Kasih Kepada Tuhan Yang Maha Esa

SMK Pariwisata Bantul
SCC Australia
The Land Next Generation
KomPa GKJ Sidomulyo
Fusion
Semua Warga Sidomulyo

2 komentar:

  1. Pasti nambah Pengetahuan ini mas...
    bisa bertemu orang-orang luar negri

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambah pengetahuan dan tambah teman :")
      Mereka ingin sekali belajar tentang budaya Indonesia.

      Terima Kasih Mas sudah mampir di blog saya

      Hapus

terima kasih banyak,anda telah memberi komentar